TUGAS METODOLOGI PENELITIAN.
TUGAS METODOLOGI PENELITIAN
Dosen
Pengasuh:
Dr. Nasruddin MN, M.Eng.Sc
Disusun Oleh:
SONDANG MARTINI KURIE
SIREGAR
NIM. 147026003
DEPARTEMEN
PASCASARJANA FISIKA
FAKULTAS
MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS
SUMATERA UTARA
2015
1.
Hasrat
ingin tahu manusia yang senantiasa berusaha mencari kesempurnaan dan
kebenaran, dan dengan penelitian banyak hal yang dapat terungkap, menjadikan
pengetahuan semakin luas, sehingga eksistensi penelitian merupakan alat, atau
perangkat metodologi yang digunakan untuk pembuktian segala macam dorongan
ingin tahu. Karena itu dapat dipastikan semua orang pernah melakukan
penelitian.
Tugas:
a. Berikan 3
(tiga) identifikasi masalah penelitian dalam mencari kebenaran yang original
dengan pendekatan pure research atau applied research !
Jawab :
1. Dapat menyatakan tujuan dengan sejelas-jelasnya,
2. Menggunakan landasan teoritis dan metode pengujian data
yang relevan,
3. Mengembangkan
hipotesis yang dapat diuji dari telaah teoritis atau berdasarkan pengungkapan
data.
Sumber masalah penelitian bisa
muncul dari tiga hal (Ranjit Kumar, 1996):
1. Masalah Yang Ada di Manusianya Sendiri (People and
Problem)
Kita harus hati-hati supaya
tidak terjebak ke masalah di sekitar manusia yang bukan penelitian. Tapi juga
jangan "saklek”, karena masalah manusia yang tadinya bukan masalah
penelitian bisa kita "goyang sedikit" menjadi masalah penelitian.
2. Masalah di Cara, Teknik dan Struktur Kerja (Program)
Teknik
dan struktur kerja yang bermasalah tentu juga bisa menjadi masalah penelitian.
3. Fenomena yang Terjadi (Phenomenon)
Fenomena
yang ada di sekitar kita juga bisa menjadi masalah penelitian yang menarik.
b. Sepakat dalam mencari kebenaran tersebut dengan pendekatan
ilmiah, sebut dan jelaskan cirri-cirinya.
Jawab :
Cara ilmiah berarti kegiatan penelitian itu didasarkan
pada cirri-ciri keilmuan yaitu:
a) Sistem axiomatis
Sistem ini berusaha membuktikan kebenaran suatu fenomena atau gejala
sehari-hari mulai dari kaidah atau rumus umum menuju rumus khusus atau konkret.
Atau mulai teori umum menuju fenomena/gejala konkret. Cara ini disebut deduktif-nomologis.
Umumnya yang menggunakan metode ini adalah ilmu-ilmu formal, misalnya
matematika.
b) Sistem empiris
Sistem ini berusaha membuktikan kebenaran suatu teori mulai dari gejala/
fenomena khusus menuju rumus umum atau teori. Jadi bersifat induktif dan untuk
menghasilkan rumus umum digunakan alat bantu statistik. Umumnya yang
menggunakan metode ini adalah ilmu pengetahuan alam dan sosial.
c) Sistem semantik/linguistik
Dalam sistem ini kebenaran didapatkan dengan cara menyusun
proposisi-proposisi secara ketat. Umumnya yang menggunakan metode ini adalah
ilmu bahasa (linguistik).
c. Terkait dengan b.
pilih satu dan beri tekanan, mengapa itu yang saudara anggap paling penting !
Jawab :
yang saya anggap paling penting dalam melakukan penelitian yaitu rasional.
Ini Di karenakan sebuah penelitian tersebut kita lakukan dengan cara yang masuk
akal, yang bisa di pahami atau di terima oleh semua pihak.
2. Betapa pentingnya tujuan dan manfaat penelitan untuk
diketahui sebelum, peneliti melakukan proses penelitian.
Tugas:
a. Pertimbangan – pertimbangan apa yang paling
mendasar dalam menentukan tujuan penelitian ? Jelaskan singkat !
Jawab :
Secara umum tujuan penelitian ada tiga macam yaitu yang bersifat penemuan,
pembuktian, dan pengembangan. Penemuan berarti data yang diperoleh dari
penelitian itu adalah data yang betul-betul baru yang sebelumnya belum pernah
diketahui. Pembuktian berarti data yang diperoleh itu digunakan untuk
membuktikan adanya keragu-raguan terhadap informasi atau pengetahuan tertentu,
dan Pengembangan berarti untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan
yang telah ada.
b. Suatu penelitian dilakukan harus memiliki
manfaat, sebut dan jelaskan !
Jawab :
Manfaat Penelitian
1. Manfaat Teoritis
Manfaat teoritis dari penelitian ini adalah untuk menambah wawasan dan
khasanah keilmuan bagi siapapun yang membaca, juga dapat dijadikan referensi
bagi penelitian-penelitian selanjutnya, untuk dapat menambah ilmu pengetahuan
sebagai hasil dari pengamatan langsung serta dapat memahami penerapan disiplin
ilmu yang di peroleh selain studi di perguruan tinggi, penelitian ini di
harapkan dapat memberikan informasi bagi pembaca dan pihak- pihak yang
berkepentingan.
2. Manfaat Praktis
Diharapkan penelitian ini dapat menggambarkan kondisi fokus dan lokus yang
diteliti oleh peneliti untuk mendapatkan suatu perhatian . dan Dengan di
lakukan sebuah penelitian ini maka dapat Memberikan sumbangan pemikiran bagi
mahasiswa tentang penelitian itu sendiri. Hasil penelitian ini dapat di gunakan
sebagai input bagi pelayanan dalam melakukan hal-hal yang bermanfaat di
berbagai kalangan.
3.
Berbagai jenis penelitian dapat dimanfaatkan dalam memecahkan
fenomena social baik untuk administrasi negara maupun politik, namun yang
terpenting adalah derajad kesesuaian antara tujuan yang diharapkan dan manfaat
yang dihasilkan.
Tugas:
a. Jenis penelitian apakah yang
digunakan bilamana yang akan dipecahkan adalah masalah kompetensi kepemimpinan
integrative dengan sikap apatisme masyarakat? Apa alasannya?
Jawab :
Jenis
penelitian yang saya ambil adalah jenis penelitian ”kualitatif.”
Alasan saya Penelitian Penelitian kualitatif menitik beratkan
pengamatannya kepada suatu fenomena yang sedang bergerak (dinamis). Jenis
penelitian ini mengunakan metode induktif, yaitu menghimpun data dari lapangan
(field) kemudian mengkoneksikan data itu dengan pelbagai teori, maupun kaidah
yang sudah ada. Dalam beberapa penelitian kualitatif yang lain, penelitian yang
menitik beratkan pada kondisi sosio-masyarakat ini justeru menghasilkan
anti-tesa terhadap pelbagai teori yang ada.
Disinilah ciri mendasar yang membedakan jenis penelitian kualitatif dengan
penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif ialah jenis penelitian yang
menekankan kepada akurasi data secara kuantitatif, sehingga variabel data
dikawal secara ketat melalui berbagai cara tertentu. Penelitian kuantitatif
lazimnya menggunakan metode statistikal. Penellitian kuantitatif menggunakan
metode yang berbeda dengan kualitatif dilihat dari relasi antara data
dilapangan dengan teori yang ada. Metode ini menggunakan metode deduktif, yaitu
penelitian berawala dari melihat teori yang ada, kemudian mengujinya di
lapangan. Walaupun demikian, metode ini juga membuka peluang untuk menghasilkan
teori baru.
b. Apa kelebihan dan kekurangan dari pemeilihan jenis yang
saudara lakukan tersebut?
Jawab :
Kelebihan
dari jenis penelitian kualitatif yaitu:
Dari karakteristik tersebut dapat difahami bahwa
penelitian kualitatif memiliki beberapa keunggulan sebagai penelitian ilmu
sosial.
Pertama: Fokus penelitian kualitatif ialah suatu entitas yang
utuh, sehingga penelitian kualitatif menekankan pada kajian terhadap pelbagai
hal yang terjadi di lapangan. Penelitian ini sekaligus sebagai anti-tesa dari
penelitian-penelitian berjenis positivis, maupun pospositivisme yang
mengedepankan kajian pada aspek teoritikal yang bersifat eksak.
4.
Variabel adalah konsep atau atribut
yang mempunyai variasi nilai antara satu dengan yang lain yang disebut
indikator, yang ditetapkan oleh peneliti, sehingga menunjuk pada suatu konstruk
atau sifat yang akan dipelajari untuk diambil kesimpulan.
Tugas :
a. Apa manfaat
ditentukannya indicator / nilai-nilai dalam variable penelitian ?
- Untuk mempersiapkan alat dan metode pengumpulan data.
- Untuk mempersiapkan metode analisis/pengolahan data.
- Untuk pengujian hipotesis.
b. Berikan 2 (dua) contoh dalam instrument kuesioner
gabungan / paduan antara tertutup dengan 5 (lima) kategori jawaban mengacu pada
Skala Likert, dan terbuka?
Contoh 1 : Pembangunan pasar modern dinoyo mengancam perekonomian
masyarakat.
Contoh 2 : Konsep tata kota malang telah sesuai dengan konsep tata kota
ideal.
5 kategori jawaban :
1. Sangat tidak setuju
2. Tidak setuju
3. Netral
4. Setuju
5. Sangat setuju
5. Pada penelitian
kuantitatif sangat dibutuhkan konsep – teori:
a. Apa manfaat /
keuntungannya ?
Konsep – teori yang ada sangat dibutuhkan untuk merumuskan hipotesis.
b. Berikan contoh hipotesis alternative dengan konsep
kompetensi kepemimpina dan kompetensi pelayanan public !
contoh hipotesisnya : Peningkatan kompetensi kepemimpinan berbanding lurus
dengan kompetensi pelayanan public.
6. Sumber data
secara umum dikenal ada 2 (dua) yaitu sumber data primer dan sumber data
sekunder:
a. Jelaskan singkat makna
masing-masing ?
Data primer adalah data yang dikumpulkan peneliti secara langsung
sedangkan data sekunder adalah data yang tidak didapatkan secara langsung dari
obyek penelitian misalnya studi literatur.
b. Apa keuntungan masing-masing
sumber untuk penelitian perilaku manusia ?
Masing - masing sumber sangat bermanfaat bagi penelitian karena saling melengkapi
sehingga dapat diperoleh penelitian yang valid.
7. Dari
kompleksitasnya Populasi memiliki karakter Homogen dan Heterogen:
a. Apa hakekatnya masing-masing ?
Populasi dikatakan homogen apabila unsur-unsur dari populasi yang
diteliti memiliki sifat-sifat yang relatif seragam satu sama lainnya.
Populasi dikatakan heterogen apabila unsur-unsur dari populasi yang
diteliti memiliki sifat-sifat yang relatif berbeda satu sama lainnya.
b.
Jelaskan pula secara singkat dengan
contoh,apa makna penelitian populasi itu ?
Contoh penelitian homogen; Karakteristik seperti ini banyak ditemukan di
bidang eksakta, misalnya air, larutan, dsb
Contoh penelitian heterogen; Karakteristik seperti ini banyak ditemukan
dalam penelitian sosial dan perilaku, yang objeknya manusia atau gejala-gejala
dalam kehidupan manusia yang bersifat unik dan kompleks. Misalnya, apabila kita
ingin mengetahui rata-rata IQ mahasiswa Unitri angkatan 2009 (berarti rata-rata
dari semua Fakultas). Jelas, rata-rata IQ mahasiswa antar Fakultas kemungkinan
besar bervariasi, IQ mahasiswa Fakultas Teknik relatif lebih tinggi dibanding
dengan rata-rata IQ mahasiswa Fakultas lainnya, sehingga kita bisa mengatakan
bahwa populasi tersebut keadaannya heterogen.
8. Misalkan
bilamana dalam penelitian yang dipilih kompetensi Kepemimpinan dan Pelayanan
Publik, dengan instrument Dokumentasi.
a. Data apa sajakah yang dibutuhkan
?
Dokumen dan catatan dalam bentuk apapun yang berkaitan dengan penelitian
b. Sebutkan secara rinci !
1. Variabel Bebas (pelayanan
publik)
a. Standar profisional.
b. Kompetensi teknis
c.
Kinerja layanan
d. Kepuasan
e. Keterbukaan
f.
Ketepatan waktu
2. Variabel antara
(kepemimpinan integratif)
a. imlulsip (menurut kata hati)
b. defensif (sikap bertahan)
c.
loyalitas (unsur pengabdian
3. Variabel Terikat
(pembangunan daerah)
a. Pertumbuhan
b. Perubahan
c.
Terencana
d. Kearah yang lebih baik
e. Modernitas
9. Jelaskan secara
singkat yang saudara ketahui penelitian kualitatif
Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian non statistic. Penelitian kualitatif' adalah
penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis . Proses dan makna
(perspektif subyek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai
dengan fakta di lapangan. Selain itu landasan teori juga bermanfaat untuk
memberikan gambaran umum tentang latar penelitian dan sebagai bahan pembahasan
hasil penelitian.
Komentar
Posting Komentar